Ayam Kukuluyuk

Udah mati gaya sama bahan dasar ayam. Kemarin2 udah nyoba bikin ayam bakar terasi, ayam goreng, bakso ayam. Nah, sekarang diapain lagi yaah? Tiba2 keinget deh ayam kukuluyuk. Sekitar 15 tahun lalu, menu ini sering saya bawa ke kampus untuk team building alias rapat, hihihi! gaya bet, padahal sih mau makan2 aja.

Gimana bikinnya?

bahan:

  • fillet ayam mentah, potong memanjang
  • terigu
  • bawang bombay, potong dadu agak besar

bumbu:

  • jahe dan garam, dilumuri pada ayam mentah
  • saos asam manis
  • saos sambal
  • saos tiram
  • garam
ayam 2
tiga saos berlabel halal ini jadi andalan di masa2 males masak hihihi!

pelengkap:

  • daun bawang, iris kasar
  • wijen

bikin nyook!

  1. Siapkan terigu di dua wadah. Wadah pertama dilarutkan dengan air, wadah pertama berupa tepung.
  2. ayam yang sudah dibumbui dengan jahe berturut-turut dimasukkan ke terigu, larutan terigu, lalu kembali masuk ke tepung terigu. Masukkan ke dalam minyak panas dengan api sedang. Setelah matang dan garing, angkat.
  3. tumis bawang bombay dengan margarin, masukkan saos dan garam. Jika suka, masukkan wortel yang diparut kasar (saya ga pake). Setelah 2 menit, matikan api, siramkan ke wadah yang telah diisi ayam goreng.
  4. Lengkapi dengan taburan bawang daun dan wijen.

 

Bismillah, itadakimasu

higa 13
Enter a caption

Amelia Piliang, emak beranak dua yang jadi penggemar kebab turki dan pempek palembang.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s