Resep Pie Buruk Rupa

Bulan puasa, bulan melatih ibadah wajib dan sunnah, bukan bulan melatih resep. Tapi, untuk memotivasi di kecil yang lagi belajar puasa ga ada salahnya membuat sesuatu yang menggugah selera, namun ga rempong bikinnya.

Bikin apa kitaa? Pie buruk rupa. Hadeeeh! Iya, bentuknya emang kurang kece, tapii rasanya, yaa begitu deh, fuaa fuaa (ngetik sambil ngunyah). Bikinnya gampang, no mixer beibeh. Bisa pake oven, bisa pake teflon. Enakan mana? Sama. Tapi berdasarkan pengalaman saya, lebih gampang yang pake teflon ternyata. Caranya bisa dilihat di sini.

Siapin bahannya yuk:

Bahan 1:
1 gelas terigu
1 kuning telur
3 sdm gula pasir (makin kasar makin bagus, agar hasil pienya renyah bertekstur)
60 g mentega

Bahan 2:
100 g cream cheese
100 ml susu (atau 50 ml susu + 50 ml whipped cream)

Bahan 3:
1 butir telur
3 sdm gula pasir
1 sdm air jeruk lemon
2 sdm terigu

Pelengkap:
Cokelat Silverqueen, Meiji, atau Kitkat

Yuuuuk masak:
1. Letakkan alimunium foil di dasar pinggan tahan panas. Atau kamu juga bisa menggunakan loyang.

2. Masukkan Bahan 1 ke loyang, aduk, ratakan sambil ditekan2 hingga tipis (sekitar 0,5 cm). Tusuk2 dg garpu spy udaranya mengalir.

pie 1

3. Aduk2 bahan 2 hingga homogen, masukkan bahan 3. Aduk kembali. Tuangkan ke teflon y sudah dilapisi bahan 1.

4. Potong2 cokelat sktr 1×1 cm, cemplungkan (Hihi bahasanya!) ke adonan.

pie 2

5. bakar dengan api atas dengan api 180 derajat, 25 menit. Keluarkan, kemudian balik kue dengan bantuan piring lain dan bakar lagi sekitar 5 menit agar bagian atas dan bawahnya matang merata. Jika menggunakan oven dengan api dari atas dan bawah tidak perlu membalik kue.

pie 3
pie nya blentang blentong kayak bulan hihihi

6. Dinginkan, hias dengan whipped cream.

Ini adonan pas udah 25 menitan udah wangiiiiiii banget! Baru sampe rumah pulang sekolah, doski semangat ngeliat kue yang rasanya bikin kangen ini. Tapi harus nunggu buka dulu ya, Nak.. Kan lagi latihan puasa.

Gimana rasanya? Rasa bagian luarnya kok kayak cookies ya, kering krenyees gitu. Bagian dalamnya lembut-gurih, manis. Kata Bayan, “Fua fuaa!” –> sebutan sesuatu yang lembut ketika dikunyah di mulut.

pie 5
remahan kue yang bikin kue keliatan keriting dan ga kece ini ternyata yang diperebutkan :-p

“Jangan dihabisin kuenya ya, Bunda. Aku nanti mau lagi” –> kata bocah sesudah buka puasa.

“Untuk kue nilainya 100, untuk pastel 70” –> kata Buya Bayan ikutan komentar. Huuu! Pastel 70 yaa? ya gapapa deh, latihan lagi yaah #gambarimasu

“Cooking is at once child’s play and adult joy. And cooking done with care is an act of love.” ~ Craig Claiborne

12822148_10205661781577992_1400248498_n

 

Amelia Piliang, aslinya ga suka masak, tapi seneng makan. Sejak di Jepang terpaksa  sering masak dan ternyata mayanlah! hehe.

#ODOPfor99days

#day92

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s