Tayangan Edukasi Jepang: Sistem Sirkulasi

Uyeee! Malam ini agak santai karena Selera Bento mulai ga dagang. He eh! Warungnya Emak Bayan ditutup dulu selama Ramadan yaah.. Jangan sediih :-p Daan, kami pun menikmati tipi sambil makan. #azeek

Pas pertama nonton, rada ga nyambung. Di layar ada dokter dan 3 pasien. Pasien tersebut bergantian memasukkan jari telunjuk mereka ke sebuah alat model finger painting gitu, trus tiba-tiba si dokter bertanya ke pasien tersebut, “berapa umurmu?”

“47,” jawab perempuan tersebut.

“Daan, ternyata umur pembuluh darahmu… 56” kata dokternya. –> apaseeh, kata eike dalam hati.

Lanjut ke pasien kedua, masih perempuan, agak gendut. Setelah ia memasukkan jarinya juga ke alat tersebut, sang dokter masih bertanya pertanyaan yang sama.

“53,” jawab perempuan kedua.

“Daan, ternyata umur pembuluh darahmu… 63” kata dokternya. –> apaseeh, kata eike (lagi) dalam hati, tapi sebenernya mulai kepo haahaha!

lanjut ke pasien kedua, laki-laki, ga gendut biasa aja. Setelah ia memasukkan jarinya juga ke alat tersebut, sang dokter masih bertanya pertanyaan yang sama.

“50,” katanya. Sang laki-laki ini dari mukanya udha keliatan was-was dan sepertinya berpikir umur pembuluh darahnya mungkin lebih tua dari umurnya, sama seperti kedua perempuan yang duluan mengukurnya.

“Daan, ternyata umur pembuluh darahmu… 35” kata dokternya. –> takjub, seneng, bahagia, sekaligus ga percaya kayaknya Bapak ini. Daan, seperti dugaan Eike dua perempuan yang duluan diukur mukanya pada puyeng mendengar jawaban dokter.

Tayangan berlanjut. Badan ketiga pasien kemudian seperti diberi sinar infrared untuk mendeteksi panas dan pembuluh darah. Jika bagian tubuh yang disinari berwarna merah, berarti pembuluh darahnya lancar. Sistem sirkulasinya bagus. Dan, tangan dua perempuan tadi memang ga merah sih, hijau dan biru malah. Apa ya artinya?

sirkulasi 3
warna merah yang kurang pada tangan perempuan ini adalah pertanda aliran darahnya kurang lancar

Si dokter kemudian menjelaskan. Tubuh yang kurang gerak, kurang nutrisi pelancar aliran darah, menyebabkan pembuluh darah menyempit. Sempitnya pembuluh darah ini juga karena menebalnya lemak yang menyelimutinya. Dijelaskan bagaimana skema sel darah merah mengalir di dalam pembuluh. Bagaimana lemak setebal beberapa mm menyebabkan aterosklerosis, penyempitan pembuluh darah. Salah satu tandanya adalah rasa pegal hingga baal di daerah sekitar bahu belakang. Kamu begitu juga ga?

Buat saya tayangan ini menarik. Tayangan bertema kesehatan, di Indonesia juga ada. Tapi, di sinilah kelebihan orang Jepan, detail dan bentuk tayangannya memang mencerdaskan, menambah wawasan, dan mudah diingat. Tentunya hal itu membuat kita bisa memutuskan apakah kita akan melakukan suatu perubahan setelah melihat tayangan tersebut. Bagaimana agar tubuh kita lebih sehat dengan mudah dan murah?

Sistem sirkulasi ternyata diperbaiki dengan gerak yang cukup. Jadi jangan males bergerak dan keseringan santai di sofa atau tempat tidur ya emak-emak… si dokter mengajarkan senam ringan yang bisa dilakukan tanpa harus mencari tempat dan waktu, dengan pakaian apapun, sendiri atau bersama siapapun. Asik kaan? Sambil nunggu antrian di Indomart juga bs kok, hihihi! Kamu cukup lompat-lompat, tangan dan kaki dilemaskan. Bahkan, supaya lebih omoshiroi (menarik), kamu bisa mengeluarkan ekspresi lucu di muka, sambil ngaca. hahaha! Coba deh, seru.

sirkulasi 11

Campuran jus apel, wortel, dan jeruk yang ditambahkan minyak bunga apaa gt (lupa, eh ga ngerti deh) juga dapat “mengencerkan” darah. minum secara rutin agar hasilnya maksimal –> udah kayak MLM gue hihihi!

Nah, setelah beberapa minggu memperbaiki pola makan dan olahraga, “usia” pembuluh darah mereka diukur lagi. Daaan, ada senyum di mata pasien-pasien itu sekarang. Kok bisa? Siapa perempuan yang ga senyum kalau dibilang lebih muda. Mau wajahnya, kulitnya, rambutnya, atau sistem sirkulasi ini, pasti perempuan mah seneng dibilang lebih muda. Iya apa iyaaa? Wawasan ternyata membuka kesadaran yaa.. Kesadaran ternyata mengubah sikap yaa.. –> tsaahh! #rapiin jilbab

Kamu juga mau genki (sehat, red.) kayak orang-orang di Jepang? Usia 95 tahun mereka masih bisa ngejar kereta looh! Mauu? Beneran? Usahaaa dong! Jangan ngemeng dowaang keles :-p

sirkulasi 4
Gambar yang “kawaii” digunakan orang Jepang untuk memudahkan penjelasan.

“The empty vessel makes the loudest sound.” –William Shakespeare
12767276_10204378532503270_1065773871_n

 

Amelia Piliang, Ibu dua anak yang suka banget kebab turki. Ada yang mau beliin? :-g

#ODOPfor99days

#day94

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s