Our First Snow

Sebagai anak tropis apa sih impianmu jika bisa berkunjung ke negara empat musim? Sama ga kayak, Emak? Klo Emak udah lamaaa banget ngimpiin pengen liat salju. Ya, salju! Es serut yang turun dari langit itu sudah lama kami tunggu, sejak kami datang ke sini 10 bulan lalu. Katanya, kami bisa melihat salju bulan Desember. Tapiii, apalah daya. Akibat el nino, salju mungkin ga akan datang tahun ini, katanya. Apalagi di Nagoya yang letaknya di dekat laut, mimpi aja deeh pengen liat salju tahun ini #nangisdipojokan

Salju tahun lalu, 2014. Sudah sejak sebulan lalu foto-foto ber-caption kalimat itu dipajang Warga Negara Indonesia para penduduk Nagoya. Bikin keki? Iyalaah! Mereka semua udah pernah liat salju, eike dowang yang belon! Huhuhu! Tiap hari kedinginan, tapi ga pernah liat salju itu sesuatu banget nyebelinnya. Winter tanpa salju itu bagaikan dendeng tanpa garam, kata salah satu temen. Hahaha! Ngeledek jualan eike tuh Kaka 🙂

Jadi keinget ucapan eike pas ditanya Bayan beberapa bulan lalu, “Bunda, kapan Bayan ulang tahun?”. Dengan pedenya eike jawab, “pas turun salju!”. Dan, udah seminggu ini eike ngebatin dalam hati, *Kayaknya bakal diprotes bocah nih pas doski ulang tahun, saljunya ga ada huhuhu*

salju
Foto Teh Yayu yang bikin iri. Ya! Salju sudah turun sejak beberapa minggu lalu di Nomi Shi, Ishikawa. Begitu liat foto ini, saya udah ngebayangin nganterin Bayan ke TK dengan payung model begini. Sumber dari sini

Sampai minggu lalu, harapan melihat salju tiba-tiba muncul. Saat di mesjid ngumpul sama emak-emak rusuh (hehehe!), kata mereka,

“Eh, kata Weather (aplikasi cuaca, red.) hari rabu dan sabtu minggu depan turun salju loh!”

“Ah, masak sih?”, eike kepo tingkat dewa.

“Iya ternyata booo!”

Seneng, sumringah, norak, itulah yang eike rasakan waktu itu, Mak! Diam-diam senin kemarin eike beraksi, mampir ke toko beli penghangat leher dan sarung tangan buat anak-anak bikin boneka salju nanti. Bahasa jepangnya yukidarumi. Hahaha! Kepedean banget bakalan turun saljuuu! Eh, pulang dari toko, Bapake bocah bilang, “kayaknya turun saljunya di-delay Rabu ini. Mungkin senin depan. Gubraaak! #penontonkecewah

Saat itu eike mikir dalam hati, *Apa aye nekad aja ya ke kampungnya Oshin di Shirakawago biar liat salju?*

historic-villages-of-shirakawa-go-japan.jpg
Ini lho kampungnya Oshin, Shirakawago, di malam hari. Suasana kayak gini jadi impian eike nih, Mak! Sumber gambar ada di sini

Ga ikhlas la yaoo masak di Jepang ga liat salju! Masak eike cuma bisa liat foto-foto aja?

Eh, tadi malam Bapake bocah ngemeng, “Neng, kata Weather tar malam jam 3 bakalan turun salju, sampe jam 5, pantengin deh! Biar ga ngimpi liat salju terus,”

Dalam hati eike mikir *Gue bakalan banguuuun! Ganbarimasu!*

Daaan, semalaman ini dingiin banget. Di Weather tertulis, 3 derajat. Bayan yang biasanya tidur ga mau pake selimut minta dipeluk dan dipakein selimut. Tetiba langsung kepikiran, “Saljuuu!”

Ngucek mata, buka jendela, daaan..

“Saljuuuuu! Buya, salju, salju!” setengah teriak eike bangunin Bapake bocah dan Bayan.

“Wuuuah, buruan sana turun main salju, Cuma sampe jam 7 lho menurut Weather,” kata Buya Bayan.

“Ihhh, kurang kerjaan amat apa? Ga segitunya juga kali subuh aje belon udah turun main salju,” hihi!

Sebagai bukti berita ini ga hoax, inilah foto salju pertama kami, eng ing eeeeng…

salju pertama.jpg
Jam setengah 4 pagi. Salju pertama turun di depan apato kami. Masih tipis banget, kesapu sama hujan yang turun barengan salju.
salju pertama.jpg
Jam 6 pagi, selepas subuh. Udah mulai numpuk, jadi deh bikin es serut. #azeeeeek

Alhamdulillah, ga bohong eike. Sehari sebelum Bayan ulang tahun kelima, salju itu datang #nangisdipojokan

Mari kita ambil mangkok, sirup, dan alpuket, turun ke bawah, kemudian membuat es serut #tsaah

55-times

bunda-bayan

 

Amelia Piliang, emak beranak dua yang menjual masakan balado di Jepang

#ODOPfor99days #day12

Another blog kangen nusantara dan mama tachi

Sumber gambar feature ada di sini

 

Advertisements

5 thoughts on “Our First Snow

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s