Rambutnya Berdiri-diriiiiii! ><

Musim dingin, katanya musim kesetrum. Hehehe! Kok bisa ya?

12516203_10204195889697314_1543181278_n
Pagi ini kami bangun dengan suhu 3 derajat, Brrr!

He eh, ceritanya gini. Pas pegang gagang pintu kesetrum “nyees!”, padahal pintu mana ada kabelnya coba?!? Pas angkat jemuran, kesetrum (Inem banget gueee!). Pegang kertas juga kesetrum. Nah, ini nih ceritanya Emak lagi nguncir rambut Bayan, tiba-tiba…

“Nyees” –> berasa kesetrum nih, tapi belum ngeh.

Lanjut nguncir lagi, habis itu eike bingung *ini disisir berkali-kali kenapa rambutnya berdiri-berdiri ya*

Hingga malam hari, Bayan lagi duduk nonton video lagu anak.
“Bayaan, sini deh. Itu liat rambutnya berdiri-berdiri”
“Ahhh iya, kenapa ya?”
Tangan bunda pun coba didekatkan ke rambut tsb, tanpa menyentuhnya.
“eeeh, bergerak-gerak! Ini apa ada magnetnya yaa?”
“Ahhh itu listrik statis bun!”, kata Buya.
“Klo musim dingin jangan heran yaa.. Kita megang gagang pintu tiba2 kesetrum. Pegang panci tiba2 kesetrum”
“Aaah, masak?”
“Iya, coba sini Bayan”
Bayan pun bergeser ke dekat gorden.
“Liat kan rambutnya? Berdiri kaan?”
“Eh bunda ga sadar apa, itu rambut bunda jg pada berdiri!”
“Yaaah! Yang bener?”
“Iya, musim dingin kan udaranya kering, gesekan bikin listrik statis “muncul””
“Tapi klo kita mandi, pasti ilang sendiri” kata Buya
–> nah lho! Buka aib sendiri klo blm mandi hahahahaha

********************

Sesuai namanya, listrik statis (elektrostatik) adalah muatan listrik yang berada dalam keadaan diam (statis). Naah, gini Mak. Ada dua macam muatan listrik, yaitu muatan positif dan muatan negatif. Muatan listrik timbul karena adanya elektron yang bisa berpindah dari satu benda ke benda yang lain. Benda yang kekurangan elektron dikatakan bermuatan positif, sedangkan benda yang kelebihan elektron dikatakan bermuatan negatif.

elektron.jpg
Ilustrasi pindahnya elektron dari suatu benda ke benda lain. Sumber: pinterest.com

Benda apapun akan bereaksi satu sama lain jika didekatkan. Begi pula dengan dua benda yang bermuatan. Dua buah benda yang memiliki muatan sejenis akan saling tolak menolak ketika didekatkan satu sama lain. Sebaliknya, jika berbeda muatan akan saling tarik menarik. Persis sama kayak emak-emak (yang jenis kelaminnya perempuan), dulu naksirnya sama laki-laki kan (beda jenis)? Ngaku hayooo!

Naaah, listrik statis iniiih bisa menjelaskan gimana rambut Bayan bisa berdiri saat disisir. Sisir yang bergesekan dengan rambut Bayan yang kering akan kelebihan elektron (bermuatan negatif). Sebaliknya, rambut Bayan yang kehilangan elektron akan menjadi bermuatan positif. Karena perbedaan muatan ini, rambut yang disisir akan berdiri.

listrik statis.jpg
Rambut Bayan yang berdiri karena kelebihan muatan negatif

Hal ini juga berlaku juga dengan rambut yang didekatkan pada gorden. Gorden yang bergesekan satu sama lain ditambah gesekan dengan udara kering membuat gorden kelebihan muatan negatif. Jika rambut didekatkan pada gorden, elektronnya akan berpindah, timbullah gaya tarik listrik.

Atauuuuu, biar lebih seru mungkin bisa dicoba hal lainnya. Misalnya, sebuah penggaris yang telah digosok-gosokkan ke rambut bisa menarik potongan-potongan kecil kertas, Mak. Coba juga mendekatkan tangan anak ke layar TV yang baru dimatikan. Tanyakan, apa yang bocah itu rasakan.Ternyata, rambut-rambut halus yang ada pada tangan bisa berdiri loh! Bukan, ini bukan magic! Ini juga karena adanya listrik statis.

Peristiwa rambut berdiri sendiri lagi ga ngapa-ngapain seperti tadi baru saya lihat di Jepang sini ya.. Saat udara musim gugur begitu dingin dan kering. Pengen coba juga? Mungkin emak-emak di indonesia bisa mencobanya dengan memaksimalkan udara ruangan menggunakan AC yang dingin. Apakah akan melihat fenomena yang sama dengan yang saya lihat?

“Be the first to the field and the last to the couch”–Chinese Proverb

amel

 

Amelia Piliang, hobinya cerita seru ke bocah sebelum tidur. Bermimpi menjadi pendongeng.

#ODOPfor99days #day10

Sumber gambar feature di sini

 

Advertisements

2 thoughts on “Rambutnya Berdiri-diriiiiii! ><

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s