Menikmati Legitnya Pempek

Bertahun lalu, seorang lelaki Tionghoa bernama Apek hidup pada masa Kesultanan Palembang Darussalam. Apek yang tinggal di tepi Sungai Musi itu melihat ada banyak ikan hasil tangkapan di sungai yang berakhir mubadzir. Ada banyak ikan di dalam sungai, namun tidak banyak yang memanfaatkannya. Ia pun berinisiatif mengolah ikan tersebut, mencampurnya dengan tepung, kemudian menjajakannya berkeliling. Saat itu, para pembeli yang akan membeli dagangannya memanggil nama Apek dengan panggilan “Peeek… Peeek” sehingga makanan yang dijual oleh Apek kemudian diberi nama pempek. hihihi!

Bertahun kemudian, pempek sangat masyur di nusantara. Makanan khas Sumatera Selatan ini kesukaan saya bingits! Penganan dari Bumi sriwijaya ini umumnya berbahan dasar ikan tenggiri atau ikan belida. Ikan-ikan ini mudah ditemukan di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan.

pempek.jpg
Setahu saya, inilah pempek paling enak di Palembang. Harganya bo, yah kebayar deh dengan rasanya yang sunguh sangat bingits memanjakan lidah. sumber gambar di sini

Secara umum, pempek dibuat dari adonan tepung tapioka dan ikan yang diaduk hingga kalis, dibentuk sesuai jenis pempek yang diinginkan, direbus, kemudian digoreng.

Making_pempek.JPG
Beginilah membuat adonan dasar pempek. Sumber ada di sini

Selain rasa dan aroma ikannya yang kuat, penyajian pempek juga khas. Pempek biasanya dihidangkan menggunakan kuah cuka dengan aroma bawang putih yang kuat. Cuka pempek dibuat dari campuran air dengan gula merah, ebi, cabe rawit, bawang putih, dan garam. Sebagai pelengkap, bersama pempek disajikan irisan ketimun segar bersama mie basah yang berwarna kuning.

hqdefault.jpg
Cuko pempek yang enak berwarna hitam dan memiliki perpaduan bau bawang putih dan cabe rawit yang khas. Sumber gambar dari sini

Pempek yang paling terkenal di jagat raya adalah pempek kapal selam. Betul apa betul? Sesuai namanya, pempek kapal selam berbentuk seperti kapal selam. Pempek ini dikenali dengan “bonus” telur yang mendekam di dalamnya. Kok bisa? Ya iyalah, saat dibentuk, adonan pempek kapal selam dibuat berlubang, kemudian diisi satu butir telur mentah, ditutup, barulah dicemplungkan ke dalam air mendidih hingga matang. Cara membuat pempek kapal selam yang enak bisa diliat di video ini yaa 🙂

Selain pempek kapal selam, pempek lenjer pun cukup terkenal. Pempek ini murni terbuat dari adonan ikan, tidak ada isi telur seperti pempek kapal selam. Pempek lenjer dibuat lonjong memanjang. Bentuk seperti ini bagi orang palembang disebut lenjeran. Seperti panjangnya kaki orang yang lagi selonjoran mungkin ya (hihihi! soktau). Karena bentuknya yang besar dan panjang maka setelah direbus, pempek lenjer dipotong kecil-kecil terlebih dahulu baru kemudian digoreng.

Meskipun pempek paling terkenal adalah pempek kapal selam yang bulet guedeeee dan lenjeran yang memanjang sebecar tongkat hansip hehehe, sebenarnya ada beragam lho jenis pempek. Ada pempek keriting  yang tentunya berbentuk keriting  seperti mie. Pempek ini adonannya dibentuk menggunakan cetakan tertentu. Ada pempek pistel yang bentuknya mirip dengan pastel di Jawa atau Jalangkote di Makasar. Namun, pempek pistel biasanya berisi pepaya yang dimasak.

jenis-jenis-pempek-palembang.jpg
Ragam pempek. Sumber gambar dari sini

Ada apa lagi? Ada pempek kulit yang terbuat dari kulit ikan. Biasanya pempek kulit dikenali dengan warmamya yang lebih gelap dibanding pempek jenis lain. Ada pempek adaan, yakni pempek yang tidak memiliki isi namun bentuknya bulat kecil, biasanya adonan langsung digoreng tanpa direbus terlebih dahulu seperti pempek kapal selam atau lenjer. Ada pempek panggang yang cara memasaknya berbeda, yakni  dipanggang, bukan digoreng.

biru-wp-42.jpeg
Inilah pempek panggang yang wangi itu. Oeeeee, enaknyaaa! Sumber gambar di sini

Ih, ada yang ketinggalan nih! Namanya pempek lenggang. Pempek lenggang sebenarnya merupakan pempek lenjer yang dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan kocokan telor dadar, lalu digoreng. Wanginya adonan ikan berpadu dengan wangi telur yang digoreng. Enaaaak, menggoda iman!

Sekian dulu ulasan saya tentang pempek di pagi buta ini. Membahasnya membuat saya pengen nguplek ke dapur bikin sendiri pempeknya #azeeeek

“Pull up a chair. Take a taste. Come join us. Life is so endlessly delicious.”
― Ruth Reichl

bunda

 

Amelia Piliang, suka banget makan pempek dan menyeruput kuah cuko pempek sampai titik penghabisan. #glek

#OneDayOnePost #HariKedua

 

Sumber gambar feature ada di sini

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Menikmati Legitnya Pempek

  1. Ini juga salah satu makanan kesukaan saya, terutama kuahnya..
    Entah kenapa kok lebih suka menyeruputnya langsung.. Seger2 pedes.. Yummiii..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s