Nagoya Aquarium di Musim Dingin

Akhir Desember lalu, kami bersama anak-anak Sekolah Bhinneka Nagoya bermain ke Nagoya Aquarium, semacam seaworld kalau di Jakarta. Untuk keluarga kami, ini kunjungan kali kedua kami berada di sana. Sebelumnya, kami bermain ke Nagoya Aquarium saat musim panas, sekitar bulan Juli 2015.

Dari rumah kami di dekat stasiun Mizuho Undojo Higashi, kami mesti ke stasiun Kanayama untuk transfer kereta, berganti dari Meijo Line ke Meiko Line. Nagoya Aquarium terletak di stasiun paling ujung Meiko Line, yakni Nagoya-Ko. Dari stasiun tersebut, kami berjalan kaki sekitar 1 km dengan melihat pemandangan seperti ini.

IMG_2361.JPG
Nagoya Aquarium, letaknya ga jauh dari pelabuhan

Untuk masuk ke Nagoya Aquarium, orang dewasa dikenakan tiket seharga 2000 yen per orang, anak-anak di atas 4 tahun 500 yen, sedangkan usia di bawah itu gratis (azeeek!). Nah, klo pas ke Jepang kamu beli tiket donni chi e kippu (tiket kereta hari libur) dan menunjukkannya ke petugas tiket di beberapa tempat wisata termasuk Nagoya Aquarium ini, harga tiket dewasa akan dipotong 200 yen, sedangkan harga tiket anak di atas 4 tahun  dipotong 100 yen (lumayaaan! –> emak irit senang!)

Daaaan, jreeeeng! Inilah makhluk-makhluk besar tergemesin yang bisa kita lihat begitu masuk Nagoya Aquarium: lumba-lumba dan paus #cubitpipisatusatu

IMG_2357
Tiap lihat makhluk besar yang gemesin dan kece ini, kami selalu nganga terpanaaaa (Ya Allaaaah!)

Jika di musim panas kita bisa menikmati pertunjukan lumba-lumba hingga jam 19.00 JST, musim dingin ini menjadi spesial karena pertunjukan ribuan sarden dan tentunya…ketemu Pen-chan alias pengin alias penguin.

Makhluk imut dari Kutub Selatan yang pinter nari ini, emang gemesin banget. Apalagi di musim dingin ini, penguin yang biasanya harus berada di dalam ruangan bersuhu dingin sesuai habitat mereka, saat musim dingin dapet “visa” bebas ke luar ruangan (bukan ke luar negeri hihi!) Senangnya merekaaaaa! Bisa jalan-jalan bebas ke sana kemari, cuma dibatasi jaring setinggi 50 cm dari permukaan tanah dowang bo! Pengunjung seperti kami ada di kanan kirinya. Dan, Pen-chan ini kayaknya udah ga canggung lagi. Mereka asik aja gitu ke sana ke mari menyapa para fans #azeeek

IMG_3764
Just the way, aha aha, i like it, aha aha!

Ditemani rintik hujan, kami melanjutkan pertunjukan berikutnya. Ada kura-kura, penyu, kepiting sepanjang lebih dari setengah meter yang kakinya kayak mau patah (hehehe!), ikan pari, udang warna kuning-biru, pertunjukan paus, pertunjukan lumba-lumba, dan sebagainya, dan sebagainya.

Yang asik dari tempat wisata buat para bocah ini, mereka bisa menggunakan berbagai alat bantu untuk melakukan pengamatan. Ada suryakanta atau lup yang dicelupkan ke air untuk memperbesar bayangan ikan. Ada mikroskop binokuler untuk mengamati preparat. Ada puzzle yang menerangkan berbagai isi perut ikan. Ada juga simulasi memberi makan boneka penguin. Seruuuuuu! anak-anak seneng ga? ya enggalah! ga seneng, tapi superseneng bingitsss!

IMG_2192
Suryakanta, alat untuk memperbesar bayangan benda ini membantu para bocah agar mudah mengamati ikan yang bergerak di antara bebatuan.

Sayang, karena musim dingin matahari cuma absen sebentar aja, jam 16.45 JST langit sudah tampak gelap. Lelahnya kami bermain di Nagoya Aquarium terbayar dengan serunya pengalaman baru bertemu Pen-chan dan keseruan lainnya. Gerimis hujan menyuruh kami cepat pulang. Untungnya, kerlip lampu-lampu di sekitar pelabuhan membuat anak-anak tetap ceria. Kami, akan ke sini lagi. Ayo nabung lagi buat beli tiketnya, Nak!

IMG_2351.JPG
Sampai jumpa lagi, ikan ikaaaan!

“People never learn anything by being told, they have to find out for themselves.”  — Paulo Coelho

bunda

 

 

Amelia Piliang, perempuan 34 tahun yang mendadak jadi tukang balado di Jepang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s